Kalau ditulis semua rumus fungsi dalam excel sangatlah
banyak, berikut ini saya paparkan beberapa rumus fungsi dalam excel yang sering
dipakai.
1. Fungsi
VALUE
digunakan
untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya :
=VALUE(text)
2. Fungsi
FIND
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu
nomor yang dicari,penulisannya :
=FIND(cari text;pada text;mulai nomor)
3. Fungsi
MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya
:
=MID(text;posisi awal;jumlah karakter)
*Pada Gambar diatas, pada sel A1 terdapat karakter "SELAMAT SIANG". Kemudian pada sel C1 saya tuliskan rumus =MID(A1;4;4) artinya Ambil karakter pada sel A1, kemudian mulai dari karakter ke 4 sampai 4 karakter ke belakang.
4. Fungsi
REPLACE
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah
string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :
=
REPLACE (text_yang_ingin_diganti;mulai dari karakter ke-; sampai karakter;tulis_teks_barunya)
5. Fungsi
CONCATENATE
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya =CONCATENATE(text1,text2,…)
6. Fungsi
MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
=MAX(number1,number2,…)
7. Fungsi
STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya :
=STEDEV(number1,number2,…)
8. Fungsi
VAR
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya :
=VAR(number1,number2,…)
9. Fungsi
LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text
di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun
langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua
(") di awal dan di akhir text.
Rumusnya sangat simpel.
=LEFT(text)
10. Fungsi RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter
yang dimulai dari kanan. Rumusnya mirip sekali dengan fungsi LEFT yaitu:
=RIGHT(text)
11. Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah
text. Rumusnya adalah:
=LEN(text)
12. Fungsi UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua.
penulisannya:
= UPPER(text)
13. Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua.
penulisannya:
=LOWER(text)
14. Fungsi PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap
kata. Penulisannya:
=PROPER(text)
15. Fungsi
BAHTTEXT
Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya beberapa saja yang
dapat di rubah.
Penulisan :
=TTEXT(…)
16. Fungsi FACT
Menyatakan faktorial dari suatu bilangan. Penulisan :
=FACT(…)
17. Fungsi GCD
Menyatakan pembagi umum terbesar. Penulisan :
=GCD(number1, number2,…)
18. Fungsi LN
Menyatakan logaritma natural dari suatu bilangan. Penulisan :
=LN(number)
19. Fungsi RAND
Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari
atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan
realbaru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar
kerjadihitung. Penulisan :
=RAND(…)
20. Fungsi CEILING
Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari nol, ke kelipatan
terdekatnya. Penulisan :
=CEILING(…)
21. Fungsi SQRT
Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif tidak boleh negatif. Penulisan
:
=SQRT(…)
22. Fungsi INT
(number)
Untuk pembulatan angka ke bawah dari suatu nilai integer / bulat. Penulisan :
=INT(number)
23. Fungsi CHAR
Untuk menyatakan karakter yang telah ditentukan menggunakan suatu kode angka.
Penulisan :
Syntax
=CHAR(number)
24. Fungsi SUM :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya :
=SUM(number1,number2,..)
25. Fungsi AVERAGE :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya :
=AVERAGE(number1,number2,…)
26. Fungsi MIN:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data,
penulisannya : =MAX(number1,number2,…)
27. Fungsi HLOOKUP :
digunakan untuk
membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
28. Fungsi VLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP),penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
29. Fungsi /
Function COUNTIF :
digunakan untuk menghitung
jumlah cell dalam suatu range dengan ciri-ciri
/ kriteria tertentu. Penulisannya : =COUNTIF(range;kriteria).
Misal : menghitung jumlah siswa yang tidak lulus
ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa
berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. Jadi, hasilnya
adalah total siswa yang remidi.
30. Fungsi AND :
Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE jika
semua argument yang di uji bernilai BENAR
dan akan bernilai FALSE jika semua
atau salah satu argument bernilai SALAH. Penulisan pada gambar ini.
Misal : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai
ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka
dinyatakan gagal.
31. Fungsi NOT :
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni
menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di
uji BENAR
Penulisan : =NOT(argument)
Blogger Comment
Facebook Comment